Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Anak SMP

 Pentingnya Mengonsumsi Makanan

Sehat dan Bergizi


      Pada zaman ini, anak sekolah dan jajanan tidak sehat sudah menjadi 2 hal yang saling berkaitan dan ketergantungan. Bahkan beberapa dari mereka juga sudah sadar terhadap dampak negatif yang akan mereka alami akibat memakan makanan yang tidak sehat tersebut. Namun naasnya, mereka bahkan tidak perduli dan tetap melanjutkan kebiasaan buruknya itu. Padahal jika dibiarkan memakan makanan tidak sehat terus menerus akan berakibat pada timbulnya berbagai penyakit, seperti tifus, diare, obesitas dan bahkan berpotensi mengalami penyakit jantung. Oleh karena itu anak sekolah harus diberikan pemahaman tentang pentingnya makan makanan sehat dan bergizi. Sekolah dan orangtua juga harus terlibat secara aktif dalam menjaga kesehatan anak.

        Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi akan berdampak baik bagi kita. Pola makan yang sehat dapat membantu kita mengurangi berbagai risiko penyakit yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita. Mengonsumsi makanan yang bergizi tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga berguna untuk meningkatkan suasana hati. 

 

 


 

 

Apa pendapat anda mengenai foto kantin di atas?

Pasti yang terlintas di benak anda adalah tentang kantin yang dipenuhi dengan jajanan yang penuh dengan penyedap rasa dan makanan bertepung yang disirami dengan saos pedas yang tidak sehat. Kantin mempunyai peran penting bagi kesehatan siswa yang ada disekolah. Oleh sebab itu, sekolah harus dengan bijak menyediakan kantin yang sehat untuk menunjang kesehatan bagi siswa-siswinya.

        Namun, tidak semua kantin disekolah memiliki makanan yang tidak sehat. Beberapa kantin juga ada yang menyediakan makanan sehat dan bebas dari saos. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam memilih makanan. Bagaimana cara memilih makanan yang sehat bagi tubuh? Mari simak beberapa upaya yang dapat kamu lakukan dalam memilih makanan dan minuman yang sehat baik disekolah maupun ditempat umum.

1. Pastikan makanan yang dibeli sudah dimasak sampai matang dan disajikan secara higienis serta tidak berbau.

2. Pastikan penjual dan keadaan kantin/tempat nya dalam keadaan bersih.



3. Hindari makanan dan minuman dengan warna yang mencolok

4. Pilihlah makanan yang memiliki label, tanggal produksi, dan memiliki informasi nutrisi, seperti kue dan roti. Hindari makanan ber-saos. Seperti bakso, batagor, telur gulung, dan sebagainya.

5. Usahakan membawa bekal yang sehat dari rumah, yang kaya akan nutrisi dan protein. Hindari membawa bekal makanan cepat saji seperti mie instan dan nugget.




6. Batasi konsumsi makanan cepat saji dan mengandung msg(monosodium glutamate) atau bahan penyedap rasa.


7.  Banyak minum air putih dan kurangi konsumsi minuman kaya akan gula/ minuman berbotol. Sebaiknya membawa air putih dari rumah.

8. Perhatikan kualitas makanan. Hindari makanan yang murah tetapi kualitas rendah

        

        Sekolah dan orangtua berperan penting dalam menjaga kesehatan anak.Oleh sebab itu sebagai orangtua harus sadar akan pentingnya mengawasi kualitas makanan yang dimakan oleh si anak. Beberapa upaya yang dapat dilakukan sekolah dalam menjaga kesehatan siswa yaitu :

  • Sekolah harus menyediakan kantin sehat agar dapat menunjang kesehatan siswa-siswinya.
  • Mewajibkan setiap siswa membawa bekal yang kaya akan protein. Seperti sayur dan buah-buahan.
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekolah agar terhindar dari bibit penyakit
  • Melakukan pembinaan dan penguluhan terhadap penjaga kantin agar dapat menyediakan makanan yang sehat dan terhindar dari bahan penyedap dan saos.
  • Melaksanakan peraturan untuk tidak memakan makanan yang mengandung bahan penyedap dan memberikan sanksi tegas kepada siswa yang melanggar peraturan.

Manfaat mengonsumsi makanan yang bergizi :

1.  Terhindar dari berbagai bibit penyakit
2.  Mencegah terjadinya obesitas sejak dini
3.  Tidak mudah merasa ngantuk dan letih
4.  Menunjang pertumbuhan otak dan organ lainnya.
5.   Menjaga daya tahan tubuh 


Dengan ini, semoga kita dapat dengan bijak menjaga kesehatan tubuh kita dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan mengandung protein dan nutrisi yang tinggi.





Link Website :

~ Website Yayasan Santo Yoseph Pematangsiantar
 
~ Website Sekolah SMP Cinta Rakyat 1

~ Website Guru Informatika SMP Cinta Rakyat 1

  
                                  

Komentar